Archives Oktober 2024

Aleix Espargaro Umumkan Pensiun di Akhir Musim MotoGP 2024

MotoGP 2024 akan menjadi yang terakhir untuk Aleix Espargaro. Pebalap Aprilia itu telah mengumumkan bakal pensiun saat musim ini berakhir.

Espargaro sudah terjun di kelas primer sejak 2009. Ia sempat turun ke kelas Moto2 pada 2011, tapi lantas kembali ke MotoGP musim berikutnya.

Mengawali karier di kelas tertinggi bersama mesin Ducati, ia sempat menunggangi motor Aprilia, Yamaha, juga Suzuki dalam perjalanannya. Sejak 2017, ia kembali membesut Aprilia hingga saat ini.

Baca juga: Jadwal MotoGP Catalunya 2024 Akhir Pekan Ini

Pebalap tertua di MotoGP 2024 tersebut total sudah melalui 323 balapan. Catatannya adalah tiga kemenangan, 12 kali naik podium, dan lima kali merebut posisi pole.

Kemenangan pertama diraihnya di MotoGP Argentina pada 2022. Dua kemenangan lainnya direbut pada musim lalu, yakni di Inggris dan Catalunya.

“Ada banyak pebalap di dunia, di sini sekarang ini, yang menang lebih banyak dari saya. Tapi saya memberikan semua yang saya punya. Saya bekerja sangat keras,” ujar Aleix Espargaro dalam jumpa persnya, Kamis (23/5/2024), jelang MotoGP Catalunya akhir pekan ini.

Baca juga: Vinales Tertarik ke Honda karena Tergiur Gaji Gede?

“Seringkali, saya merasa tidak punya talenta para pebalap lain. Tapi dengan bekerja keras, saya mencapai level tinggi. Dua atau tiga musim terakhir ini terasa menakjubkan. Saya seperti bermimpi.”

“Saya ingin pensiun sebagai pebalap utama dengan perasaan enak. Ini bukan pekan yang mudah. Saya merasa seperti melompat masuk ke tempat yang sangat aneh.”

“Tapi saya senang. Semoga para pebalap lainnya, sebagai kado, bisa membiarkan saya menang akhir pekan ini,” imbuhnya.

Baca juga: MotoGP Catalunya: Bezzecchi Sudah Belajar dari Kesalahan di Le Mans

Aleix Espargaro musim ini belum pernah naik podium. Ia dua kali finis kedelapan di MotoGP Qatar dan Portugal, lalu ketujuh di MotoGP Amerika Serikat, gagal finis di Spanyol, dan finis kesembilan di Prancis.

Asian Games 2023- Ganda Putri Tenis Sumbang Perunggu untuk Indonesia

Indonesia memastikan medali perunggu dari cabang olahraga tenis Asian Games 2023. Ini setelah Aldila Sutjiadi/Janice Tjen dihentikan oleh ganda putri Taiwan.

Pada babak semifinal nomor ganda putri yang dihelat di Hangzhou Olympic Sports Centre Tennis, Kamis (28/9/2023), Aldila/Janice gagal mengatasi pasangan Hao-ching Chan/Yung-jan Chan. Aldila/Janice kalah dengan skor 2-6, 2-6.

Baca juga: Asian Games 2023: Indonesia Tambah Perunggu dari Menembak

Kekalahan itu pun membawa ganda putri Indonesia harus puas dengan perolehan medali perunggu, bersama Korea Selatan. Korea Selatan juga kalah di babak semifinal melawan Taiwan 1 dengan skor 2-6 (9), 6-4 (11).

Tambahan medali perunggu dari tenis membuat perolehan medali Tim Indonesia menjadi 15 keping. Saat ini, Merah Putih menempati peringkat ke-10 dengan rincian tiga medali emas, tiga medali perak, dan sembilan perunggu.

Baca juga: Asian Games 2023: Wushu Sumbang Medali Perak

Sebelumnya, Indonesia juga telah merebut satu medali perak dan satu medali perunggu pada Kamis (28/9). Yaitu cabang olahraga wushu disiplin Sanda atas nama Samuel Marbun di kelas 65kg putra.

Serta dari tim menembak putri nomor women’s team 10m running target (Feny Bachtiar, Nourma Try Indriani, Rica Nensi Perangin Angin).

Baca juga: Sanggoe Sabet Medali Perak Skateboard Asian Games 2023

Hasil Olimpiade 2024- Panahan Beregu Wanita RI ke Perempatfinal!

Panahan beregu wanita berlaga di Olimpiade Paris 2024, menyajikan Indonesia vs Malaysia pada sore ini dalam babak eliminasi 1/8. Trio Srikandi Indonesia melaju mulus.

Trio srikandi tersebut adalah Syifa Nur Afifah Kamal, Rezza Octavia, dan Diananda Choirunisa. Pertandingan Indonesia vs Malaysia pada panahan beregu wanita Olimpiade Paris 2024 ini berlangsung di Esplanade des Invalides, Paris, Minggu (28/7).

Sementara tim Malaysia diisi oleh Syaqiera Mashayikh, Ariana, Zairi, dan Nurul Azreena Mohamad Fazil.

Baca juga: Olimpiade 2024: La Memo Finis Ketiga, Gagal ke Perempatfinal

Pada set pertama, Indonesia memimpin 54-52. Syifa, Rezza, dan Diananda sukses kumpulkan 9, 9, 9, 8, 9, dan 10. Di set kedua, Malaysia berbalik unggul 55-47.

Di set ketiga, Indonesia tampil lebih baik lagi, mereka unggul tipis 53-51. Di final set, skornya 52-52 dengan total set poin 5-3.

Indonesia selanjutnya akan berlaga di perempatfinal kontra China, yang digelar langsung malam ini pukul 20.24 WIB.

Baca juga: Jadwal Indonesia di Olimpiade 2024 Hari Ini: Badminton Sampai Judo Main
Baca juga: Ini Isi Pertemuan Prabowo Subianto dengan Presiden IOC di Paris

(aff/rin)

Gregoria Kian Konsisten, Kans Indonesia Rebut Piala Sudirman Membesar

Taufik Hidayat, legenda hidup bulutangkis, menyebut Indonesia memiliki peluang rebut Piala Sudirman pada kali ini. Hal itu ditopang tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung, yang mulai bagus.

PBSI seperti diketahui sudah mengumumkan skuadnya yang akan tampil di ajang Kejuaraan Beregu Campuran di Suzhou, China, 14-23 Mei. Masing-masing sektor diperkuat oleh para pemain terbaiknya.

Sebut saja Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva, Gregoria Mariska Tunjung, hingga dua pemain nonpelatnas yang kini tengah naik daun, Dejan Ferdinansyah, dan Gloria Emanuelle Widjaja.

Lewat mereka penantian gelar juara lebih dari tiga dasawarsa itu lah diharapkan bisa diakhiri pada Piala Sudirman kali ini.

Baca juga: Harapan Taufik Hidayat untuk Anthony Ginting Terkait Olimpiade 2024

Hal itu pun diyakini oleh Taufik Hidayat. Ia menilai Indonesia punya kesempatan besar, apalagi sektor yang dulu selalu di bawah, kini selangkah naik prestasinya.

“Memang Sudirman Cup sudah lama dan selalu di kita itu, dari dulu berpikir kita sudah kalah selangkah. Dulu itu tunggal putri dan ganda putri, kalau ganda putra, tunggal putra, kalau sektor mix itu 50:50. Jadi kita seenggaknya dapat pada dua poin itu,” kata Taufik kepada pewarta, saat ditemui di Jakarta Selatan.

“Tapi sekarang ini lihat terakhir Gregoria (Mariska Tunjung) sudah mulai bagus, sudah ada motivasi dan percaya diri. Mudah-mudahan itu modal Sudirman Cup,” ujarnya.

Gregoria diketahui baru saja menjadinl juara di Spain Masters 2023. Ini adalah gelar pertamanya di super series dan sejak ia menjadi juara dunia junior pada 2017 lalu. Saat ini, Gregoria juga menduduki peringkat 10 dunia. Ranking terbaik yang pernah ua raih sepanjang karier senior.

Baca juga: Gelar Badminton Asia Championships Jadi Suntikan Motivasi buat Ginting

Lebih lanjut Taufik menjelaskan persaingan negara-negara di Piala Sudirman kali ini cukup ramai melihat kekuatan masing-masing negara.

“Tinggal nanti ketemunya negara yang mana. Di Sudirman itu kan sekarang ini kan China, Korea, Jepang juga putrinya kuat. Pasti kalau ditanya China juga mereka 50:50. Tidak ada yang lima partai itu mereka kuat semua. Tidak ada juga,” kata peraih medali emas Olimpiade 2004 Athena ini.

“Apalagi kita di ganda putra berharap juga. Lihat ranking dan stabilitas di ganda putra bagus. Tunggal putra masih 50:50. Mixed doubles setelah Owi Butet (Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir) belum ada lagi yang di atas. Tunggal-ganda putri. Peluang memang besar. Ada lah. Kita sebagai penonton hanya berharap,” ucap Taufik Hidayat.

Indonesia sendiri akan lebih dulu menjalani babak penyisihan grup di Piala Sudirman. Merah Putih tergabung dalam Grup B bersama Thailand, Jerman, Kanada.

Baca juga: Ini Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2023

Simak Video: Gregoria Mariska Juara Spain Masters 2023 Usai Menang Atas India

[Gambas:Video 20detik]

(mcy/cas)

Dukungan Fadia buat Gregoria- Semangat Terus, Jangan Terbebani

Pebulutangkis ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti memberikan dukungannya kepada Gregoria Mariska Tunjung. Dia berharap Gregoria bisa menikmati pertandingan.

Fadia mengutarakan dukungannya kepada Gregoria setibanya di Tanah Air, pada Sabtu (3/8/2024). Ia kembali lebih awal bersama Apriyani Rahayu setelah kalah di fase grup Olimpiade 2024.

“Pastinya buat Kak Gregoria semangat, semangat terus. Jangan dijadikan beban dan tetap enjoy. Saya yakin pasti bisa Kak Grego,” kata Fadia kepada pewarta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Baca juga: Gregoria Tunggal Putri Keempat RI yang Tembus Semifinal Olimpiade

Gregoria menjadi satu-satunya wakil Indonesia dari sembilan atlet cabang olahraga bulutangkis yang sukses melangkah jauh di Olimpiade 2024. Ia melaju ke semifinal nomor tunggal putri setelah mengalahkan musuh bebuyutannya Ratchanok Intanon dari Thailand.

Juara Japan Masters 2023 itu menang dua gim 25-23, 21-9 atas Intanon pada laga perempatfinal yang berlangsung di Porte de La Chapelle Arena, Paris.

Hasil ini tak hanya membuat Jorji, sapaan karibnya berhasil memperkecil head to head menjadi 2-8 atas Intanon. Gregoria juga memberi harapan bagi bulutangkis Indonesia untuk meraih medali Olimpiade.

Di babak empat besar, Gregoria berjumpa An Se Young. Gregoria belum pernah menang dalam tujuh pertemuan melawan wakil Korea Selatan itu.

Baca juga: Olimpiade 2024: Gregoria Vs An Se Young di Semifinal

Anthony Ginting Fokus Recovery Usai Lolos 16 Besar India Open 2024

Anthony Sinisuka Ginting fokus recovery usai memastikan tiket lolos babak 16 besar India Open 2024. Terlebih dia juga masih menunggu calon lawan di babak berikutnya.

Tampil di K.D Jadhav Indoor Hall, pada Rabu (17/1/2024), Ginting menghadapi Kanta Tsunemaya di babak pertama turnamen BWF Super 750 India Open.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu berhasil menaklukkan wakil Jepang tersebut setelah sempat tertinggal di gim pertama.

Baca juga: Hasil India Open 2024: Ginting Menang Rubber Game, Lolos ke 16 Besar

Ginting menghentikan laju Kanta usai bertanding selama 84 menit dan menang dengan skor ketat 16-21, 23-21, 21-17.

“Kuncinya di gim kedua akhir saat saya coba mengubah pola permainan karena di gim pertama sudah coba buat meladeni permainan lawan tapi kurang berhasil,” kata Ginting dalam quote cepatnya melalui PBSI.

“Saya tidak menyerah, cari terus, cari terus strategi untuk mendapatkan poin, sekaligus meredam kelebihan dia. Selain itu, saya cukup senang karena saat tertinggal poin di gim kedua, tapi saya masih bisa fokus dan akhirnya keluar dari tekanan,” ujar Ginting.

“Di gim ketiga setelah unggul 19-12 saya beberapa kali mati sendiri dan ada rehat beberapa lama juga karena medical break jadi temponya agak melambat sedikit,” dia menambahkan.

Baca juga: Hasil India Open 2024: Jonatan Christie Melaju Mulus ke 16 Besar

Ginting mengatakan bakal lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi babak selanjutnya. Dengan begitu, ia siap menghadapi siapapun.

Lawan Ginting merupakan pemenang dari laga antara Kenta Nishimoto (Jepang) versus Lu Guang Zu (China).

“Sekarang fokus recovery dulu dan evaluasi pertandingan tadi. Sambil menunggu calon lawan besok,” kata Ginting.

Baca juga: India Open 2024: Jonatan Bersyukur Strateginya Berjalan Lancar

FIBA World Cup 2023- AS dan Serbia ke Semifinal

Amerika Serikat melaju ke semifinal FIBA World Cup 2023 usai menggasak Italia 100-63 di perempat final. Mereka menyusul Serbia yang sebelumnya menumbangkan Lituania 87-68.

Bertanding di Mall of Asia Arena, Pasay, Selasa (5/9), Italia yang diperkuat bintang Utah Jazz, Simone Fontecchio gagal mengulang performa gemilang seperti saat membungkam Serbia di putaran kedua. Akurasi tembakan mereka begitu amburadul.

Hal itu terlihat dari tembakan tiga angka. Hanya tujuh dari 38 percobaan yang masuk, padahal itulah senjata andalan Italia. Akibatnya, mereka langsung babak belur sejak awal. Italia tertinggal 14-24 di kuarter pertama lalu 24-46 di kuarter kedua.

Baca juga: Pujian Bagi Indonesia yang Sukses Jadi Tuan Rumah FIBA World Cup

AS semakin menggila kuarter ketiga, dengan mencetak 37 poin berbanding 20. Italia unggul 19-17 di kuarter akhir, namun selisih poin sudah terlampau jauh. AS melenggang ke semifinal berkat kemenangan telak 100-63.

11 dari 12 pemain AS berhasil menyumbang poin, dengan Mikal Bridges menjadi yang tertinggi. Ia mencetak 24 poin, disusul Tyrese Haliburton dengan 18 poin. Austin Reaves membukukan 12 poin, dan sisanya di bawah dua digit.

Sementara di kubu Italia, Fontecchio mencetak 18 poin dan Stefano Tonut mengemas 11 poin. Sisanya tak ada yang menembus dua digit. Di semifinal, AS akan menghadapi pemenang Jerman vs Latvia yang baru digelar Rabu (6/9).

Baca juga: FIBA World Cup 2023 Indonesia: Sukses Digelar-Rekor Penonton Terbanyak

Sebelumnya di tempat yang sama, Serbia membungkam Lituania yang tak terkalahkan di penyisihan grup dan putaran dua. Lituania memimpin 25-24 di kuarter pertama, namun Serbia bangkit di kuarter berikutnya untuk unggul 49-38, 73-55, dan menang 87-68.

Pemain Atlanta Hawks, Bogdan Bogdanovic menjadi bintang Serbia dengan sumbangsih 21 poin. Selanjutnya mereka akan berjumpa pemenang Kanada vs Slovenia yang juga baru bermain Rabu (6/9).

(adp/raw)

Ada Kejuaraan Renang di Bintaro Akhir Pekan Ini, Peserta Tertua 83 Tahun

Kejuaraan renang 1st Nika Master Swimming Championship 2023 diadakan di Bintaro, Tangerang Selatan akhir pekan ini. Ada ratusan peserta ikut, yang tertua bahkan berumur 83 tahun.

Renang master adalah lomba renang yang diikuti mulai usia 18 tahun ke atas yang bertempat di Kolam Renang Nika dengan panjang 25 meter, Minggu (28/3/2023). Ada 14 nomor dipertandingkan.

Kolam renang NIKA punya venue semi indoor dengan atap, serta lima lintasan dengan kedalaman 3 meter.

“PB PRSI dibawah kepengurusan Anindya Bakrie sangat aktif mempopulerkan renang master. Diharapkan dengan adanya 1st NIKA Masters Swimming di kolam 25 meter ini populasi renang master makin bertambah.
Kolam Nika ini bisa jadi contoh bagi daerah-daerah untuk membangun kolam 25 meter di berbagai daerah untuk menjadi tempat pemassalan dan pembinaan olahraga renang,” ujar Waketum PB PRSI, Harlin E. Rahardjo, dalam keterangan kepada detikSport.

“Ini rekor tersendiri, banyak perenang diatas usia 80 tahun. Artinya akan menarik event ini, karena kolamnya 25 meter jadi banyak peminatnya. Lomba akan dimulai sejak pukul 08.00-17.00 WIB,” Ketua Panitia Rara Nastiti menambahkan.

Ajang rekan ini diikuti 150 peserta dengan perenang tertua,Kartini Sapardjiman berusia 83 tahun di kelas putri dan juga Rahardjo berusia 83 tahun di kelas putri. Ada total 10 peserta di atas 80 tahun.

“Dengan adanya master, saya bersyukur pada Allah. cucu dan cicit saya pakai medali yang saya dapat. Jadi renang ini bisa memotivasi orang-orang terdekat saya,” ujar Kartini.

“Bergembira dengan adanya fasilitas kolam renang seperti Nika kolam 25 meter. Terus terang saya olahraga berbagai macam cabor. Setelah pensiun saya justru hobi di renang, dan pertemanannya sangat kuat. Ibu Anita yang selalu rajin mengingatkan kita,” timpal Raharjo yang berusia 83 tahun.

Event ini kabarnya akan diikuti juga oleh beberapa figur penting seperti Pelatih polo air putra, Nikola Milosavlejic, Ketua Dewan Pembina PB PRSI Sandiaga Uno yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Ketua Umum PB PRSI Anindya Bakrie.

“Kita juga undang seluruh peraih medali di ajang SEA Games seperti Siman Sudartawa, Joe Aditya, Erick Ahmad Fathoni, Angel Gabriel Yus, Dwiki Raharjo dan lainnya untuk melakukan eksibisi” imbuh Harlin.

“Ajang 1st Nika Masters Swimming ini diharapkan bisa berkontribusi untuk meningkatkan popularitas cabang olahraga renang dan Alhamdulillah dengan cukup maraknya sponsor yang berpartisipasi, diharapkan juga bisa mendukung event2 akuatik lainnya dan dapat membangkitkan dan menggairahkan industri olahraga renang,” kata Harlin.

Setelah ini, PB PRSI akan kembali mencanangkan program ‘Ayo Berenang’ pada Munasus PB PRSI Juli mendatang.

“Tentu dengan adanya kejuaraan di Nika akan mendorong masyarakat untuk menggemari olahraga berenang. Di renang master ini punya motto fit, fun & friendship. Ibu saya usia 83 tahun, masih terus berenang dan bersyukur kesehatannya terjaga hingga kini. Selain itu kita bisa bahagia karena banyak pertemanan,” terang Kabid Renang Master PRSI Anita Sapardjiman.

Nomor lomba
Pukul 08.00-12.00 WIB
1. 200 M freestyle
2. 25 M breastoke
3. 50 M backstroke
4. 4×25 M freestyle
5. 25 M butterfly
6. 50 M freestyle
7. 4×25 M medley (mix)

Pukul 13.30 – 17.30 WIB
8. 100 M individual medley
9. 50 M breaststroke
10. 25 M backstroke
11. 4×25 M frestyle (mix)
12. 50 M butterfly
13. 25 M freestyle
14. 4×25 M medley (men & woman)

Baca juga: Atlet Renang Tinggalkan Pawai SEA Games, Menpora Bilang Begini

(mrp/nds)

Ginting Kalah karena Tak Bisa Lepas dari Tekanan Shi Yu Qi

Anthony Sinisuka Ginting kalah dua gim langsung dari Shi Yu Qi, pada partai pertama final Thomas Cup 2024. Ia mengaku tak bisa lepas dari tekanan sang lawan.

Ginting turun sebagai pemain pertama dalam final Thomas Cup 2024 di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Minggu (5/5/2024) malam WIB. Atlet asal Cimahi itu sempat bersaing di gim pertama meski akhirnya kalah 17-21.

Tapi pada gim kedua, laga benar-benar dikendalikan Yu Qi. Pebulutangkis peringkat dua dunia itu menang telak 21-6 untuk membuka keunggulan China, yang pada akhirnya menang 3-1.

Baca juga: Final Thomas Cup 2024: Ginting Kalah, Indonesia Tertinggal 0-1 dari China

Anthony Ginting tak menampik bahwa ia gagal mengeluarkan permainan terbaik. Sebab Shi Yu Qi tak membiarkannya mendapatkan momentum.

“Dari awal memang sampai pertandingan selesai, saya tak bisa keluar dari tekanan Shi Yu Qi. Cara mengatasi kondisi di lapangan juga tadi saya tak bisa menemukan yang tepat,” ungkap Ginting dilansir PBSI.

Baca juga: Final Thomas Cup 2024: Fajar/Rian Kalah, Indonesia Vs China 0-2

“Saya sudah mencoba. Tidak ada tekanan dari penonton atau karena ini pertandingan final, murni karena cara bermain di lapangan saja kendalanya. Apalagi dia juga bukan lawa yang mudah.”

Ginting sendiri tak punya catatan cukup oke melawan Shi Yu Qi. Sebelum final Thomas Cup 2024, ia hanya dua kali menang dalam 10 pertemuan.

Satu dari dua kemenangan itu didapatkannya pada pertemuan sebelum laga malam tadi, yakni di BWF World Tour Finals, Desember 2023 lalu.

Baca juga: Final Thomas Cup 2024: Jonatan Menang, Indonesia 1-2 China

Hasil China Masters 2023- Chico Langsung Out di Babak Pertama

Chico Aura Dwi Wardoyo angkat koper lebih awal dari China Masters 2023. Chico dikalahkan wakil tuan rumah Zhao Jun Peng dua gim langsung dengan skor telak.

Dalam pertandingan babak 32 besar China Masters 2023 di Shenzhen Bay Gymnasium, Rabu (22/11) malam WIB, Chico kalah 10-21, 8-21 dari Zhao.

Sempat mengimbangi Zhao di awal gim pertama, Chico mulai tertinggal jauh setelah interval. Dalam posisi Chico mengejar 9-12, Zhao mulai melebarkan jarak.

Baca juga: Hasil China Masters 2023: Hendra/Ahsan Lewati Babak Pertama

Perolehan poin Chico kemudian terkunci di angka 10. Sementara Zhao meraih tujuh poin beruntun untuk merebut gim pertama.

Chico kalah start di gim kedua. Dia langsung tertinggal 0-10 dari Zhao dan memasuki interval dalam posisi tertinggal 1-11.

Banyak melakukan kesalahan sendiri, Chico makin kesulitan mengejar ketertinggalan. Dua kali smes yang menyangkut di net membuat Chico tertinggal jauh 4-18. Chico pada akhirnya kalah 8-21 setelah gagal mengantisipasi smes silang Zhao.

Baca juga: Anthony Ginting Fokus Kembalikan Stamina Usai Laga Alot

Hasil F1 GP Belanda 2023- Verstappen Menang, Samai Rekor Vettel

Max Verstappen meraih kemenangan ke-11 di musim ini dalam balapan Formula 1 GP Belanda 2023, sekaligus memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara dengan 314 poin.

Berlangsung di Circuit Zandvoort, Minggu (27/8), hujan langsung turun saat lap pertama baru separuh jalan. Beberapa bertahan dengan ban slick, namun Sergio Perez segera masuk pit untuk mengganti ban menjadi intermediate di akhir lap pertama.

Verstappen yang memimpin lomba baru masuk ke pit di akhir lap kedua. Perez akhirnya mengambil alih posisi terdepan di lap keempat. Namun seiring waktu, hujan mulai reda, trek mulai mengering.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 GP Belanda 2023: Verstappen Rebut Start Terdepan

Pada akhir lap 11, Verstappen masuk pit untuk kembali memasang ban slick. Perez baru menyusul satu lap kemudian, membuatnya kehilangan posisi pertama dan turun ke peringkat dua.

Verstappen terus mepertahankan posisi terdepan sampai hujan kembali turun di lap ke-61, membuat sebagian besar pebalap masuk pit untuk memasang kembali ban intermediate, sementara Esteban Ocon memilih ban basah.

Sementara Verstappen menunggu satu lap lebih lama sebelum masuk pit untuk memasang ban intermediate. Pada lap ke-63, semua pebalap sudah menyesuaikan ban dengan kondisi terkini.

Baca juga: F1 2023: Kapan Verstappen Bisa Kunci Titel Juara Dunia Ketiga?

Lap ke-64, Perez tergelincir karena hujan yang makin deras, membuat posisinya disalip oleh Fernando Alonso. Tak lama setelah itu, Verstappen segera masuk pit untuk memasang ban basah. Perez kemudian menyusul.

Namun bendera merah tanda balapan dihentikan sementara segera berkibar di lap ke-65, tepat sebelum Perez sempat keluar pit. Meski begitu, ia tetap berhak mengklaim grid ketiga saat balapan dimulai lagi, di belakang Verstappen dan Alonso.

Saat balapan dimulai kembali, Verstappen tetap tak terbendung untuk mengamankan kemenangan kesembilan secara beruntun musim ini, menyamai rekor Sebastian Vettel. Ini juga menjadi kemenangan ketiga secara beruntun baginya di Zandvoort.

Baca juga: Sergio Perez Ungkap Betapa Sulitnya Setim Bareng Verstappen: Stres, Tertekan

Alonso mengamankan posisi kedua, sedangkan Perez yang finis ketiga terpaksa turun ke posisi empat karena dihukum lima detik usai melanggar kecepatan di pit lane. Podium terakhir diambil Pierre Gasly.

HASIL F1 GP Belanda 2023
POSDRIVERNAT.TEAMTIME
1Max VerstappenNEDOracle Red Bull Racing72 Laps
2Fernando AlonsoESPAston Martin Aramco Cognizant Formula One Team3.744s
3Pierre GaslyFRABWT Alpine F1 Team7.058s
4Sergio PerezMEXOracle Red Bull Racing10.068s
5Carlos SainzESPScuderia Ferrari12.541s
6Lewis HamiltonGBRMercedes AMG Petronas F1 Team13.209s
7Lando NorrisGBRMcLaren F1 Team13.232s
8Alex AlbonTHAWilliams Racing15.155s
9Oscar PiastriAUSMcLaren F1 Team16.580s
10Esteban OconFRABWT Alpine F1 Team18.346s
11Lance StrollCANAston Martin Aramco Cognizant Formula One Team20.087s
12Nico HulkenbergGERMoneyGram Haas F1 Team20.840s
13Liam LawsonNZLScuderia AlphaTauri26.147s
14Kevin MagnussenDENMoneyGram Haas F1 Team26.410s
15Valtteri BottasFINAlfa Romeo F1 Team Stake27.388s
16Yuki TsunodaJPNScuderia AlphaTauri29.893s
17George RussellGBRMercedes AMG Petronas F1 Team55.754s
Zhou GuanyuCHNAlfa Romeo F1 Team StakeDNF
Charles LeclercMONScuderia FerrariDNF
Logan SargeantUSAWilliams RacingDNF

(adp/nds)

Doa Ibu ke Rizki Juniansyah- Diberi Kesehatan, Main di Olimpiade 2028

Ibunda Rizki Juniansyah amat bangga dengan pencapaian putranya di Olimpiade 2024. Seraya mengucap syukur, ia juga berdoa agar putranya terus diberi kesehatan sehingga bisa lanjut mengukir prestasi di masa depan.

Sebelum beraksi di Olimpiade 2024, Rizki Juniansyah sempat operasi usus buntu dan menjalani masa pemulihan yang membuatnya absen latihan sekitar 5 bulan.

Namun, pada prosesnya hal itu tidak menjadi kendala bagi Rizki untuk terus melangkah sampai akhirnya mempersembahkan medali emas Paris 2024 bagi Indonesia.

Baca juga: Rizki Juniansyah Tak Sangka Lolos Olimpiade, Habis Operasi Usus Buntu

“Kita sebagai keluarga, sesudah ini berharap Rizki bisa tetap main di event-event besar,” ujar Ibunda Rizki Yeni Rohaeni kepada detikSport di Porte de Versailles, Paris,.

“Semoga, harapannya (Rizki) main di Olimpiade selanjutnya. Rizki dikasih kesehatan terus,” tuturnya menambahkan.

Yeni, yang ditemani sang putri Riska Anjani Yasin dalam menyaksikan aksi Rizki di Olimpiade 2024, tidak lupa berterima kasih atas dukungan seluruh rakyat Indonesia, PB PABSI, dan semua pihak yang sudah ikut berperan.

Baca juga: Rizki Persembahkan Emas bagi RI, Ibunda: Alhamdulillah, Bangga Sekali!

“Kita sekeluarga banyak terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat Indonesia,” ucap Yeni.

“Keluarga kita di Serang juga, semua juga nobar di sana. Klub tempat Rizki berlatih juga nobar. Kebetulan punya sendiri, Buldog, mendukung Rizki.”

“Kita juga terimakasih kepada jajaran pelatnas, bapak Djoko, bapak CdM, dan semuanya,” sebutnya.

Baca juga: Indonesia Untuk Pertama Kali Raih Dua Emas di Olimpiade Sejak 1992

Rizki sukses meraih medali emas Olimpiade 2024 pada perlombaan hari Kamis (8/8) waktu setempat, alias Jumat (9/8) dini hari WIB. Dia meraih podium pertama dengan angkatan total 354kg.

Rinciannya, Rizki mengangkat 155kg dalam snatch dan 199kg di clean and jerk. Atlet 21 tahun ini memecahkan rekor Olimpiade untuk clean and jerk.

Rizki menjadi lifter pertama Indonesia yang meraih medali emas di pentas Olimpiade. Di Paris 2024, ia meraih emas kedua setelah Veddriq Leonardo. Sejak 1992, baru kali ini lagi Indonesia meraih dua keping emas di satu Olimpiade.

(mrp/krs)

Indonesia Gagal Capai Target di Asian Games 2023, Bagaimana Nasib Bonus-

Indonesia gagal mencapai target rebut 10 besar di Asian Games 2023. Itu setelah Merah-Putih berakhir di peringkat ke-13 Asia. Lantas apakah kegagalan itu bakal memengaruhi bonus ke depannya?

Tim Indonesia yang dipimpin CdM Basuki Hadimuljono berkekuatan 413 atlet di Asian Games Hangzhou, 23 September hingga 8 Oktober. Mereka turun di 202 nomor pertandingan, 41 disiplin, dari 30 cabang olahraga.

Lebih dari dua pekan bertanding, Indonesia hanya mampu mengantongi tujuh medali emas. Padahal targetnya yaitu minimal merebut delapan medali emas. Tapi rencana itu meleset.

Kegagalan itu boleh jadi disebabkan beberapa cabor yang meleset dari target yang diharapkan. Salah satunya cabang olahraga bulutangkis yang sejak awal percaya diri mampu merebut tiga medali emas. Asa itu semula diharapkan datang dari ganda putra, tunggal putra, serta beregu putra.

Baca juga: Asian Games 2023: Indonesia Selesai di Tujuh Emas

Namun, dari ketiga nomor itu seluruhnya gagal di perempatfinal. Padahal, bulutangkis tercatat sebagai cabang nyaris tak pernah absen menyumbang medali bagi Indonesia di multievent Asian Games.

Namun di Asian Games ke-19, organisasi bulutangkis nasional yang dipimpin Agung Firman Sampurna, mencatat rekor terburuknya. Untuk pertama kalinya sejak cabang bulutangkis dipertandingkan di Asian Games pada 1962, Indonesia gagal membawa pulang medali. Hasil ini juga mengulangi apa yang terjadi di Olimpiade London 2012, saat tepok bulu gagal menyumbang medali.

Baca juga: Daftar Atlet Indonesia Peraih Medali Asian Games 2023

Kendati Indonesia meleset dari target yang diharapkan. Menpora Dito Ariotedjo memastikan apresiasi untuk para peraih medali Asian Games 2023 tetap diberikan.

“Apresiasi pasti ada,” kata Menpora Dito Ariotedjo kepada detikSport, Minggu (8/10/2023).

Jika berkaca pada bonus Asian Games 2018, pemerintah memberikan apresiasi sebesar Rp 1,5 miliar untuk peraih medali emas perorangan. Lalu peraih medali perak mendapatkan Rp 500 juta, dan medali perunggu sebesar Rp 250 juta.

Sedangkan bagi nomor beregu, peraih emas akan diberikan bonus sebesar Rp 750 juta per-orang. Perak Rp 300 juta per orang dan perunggu Rp 150 juta per orang.

“Untuk nominal akan kami lapor dahulu kepada pimpinan (Presiden RI Joko Widodo). Sementara setiap peraih medali akan mendapatkan program dibangunkan rumah oleh (Kementerian) PUPR,” ujarnya.

Baca juga: Pencapaian Medali Emas di Indonesia di Asian Games, Tahun Ini Oke Nggak?

(mcy/aff)

Ibunda Anthony Ginting Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari keluarga pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting. Sang ibunda, Lucia Sriati, meninggal dunia pada Rabu (9/8/2023).

“PBSI menyampaikan dukacita yang mendalam atas berpulangnya ibunda dari Anthony Sinisuka Ginting. Semoga mendiang Lucia Sriati mendapat tempat terbaik dan terindah di sisi-Nya,” bunyi pernyataan resmi PBSI, disertai foto almarhumah.

“Dan keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan pun kesabaran.”

Baca juga: Evaluasi Tunggal Putra Usai Nirgelar di Australia Open 2023

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui penyebab dari meninggalnya ibunda Ginting dan lokasi persemayamannya.

“Siang. Infonya mamanya Ginting berpulang. Cuma maaf kami belum mendapat info yang terinci. Terima kasih,” kata Kepala bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy, saat dikonfirmasi detiksport.

“Nanti kita bagi infonya kalau sudah mendapat info yang lengkap,” lanjutnya.

Baca juga: Ranking BWF: The Daddies Merosot, The Babies Naik Satu Level

Archery Challenge 2024 di Kudus Lahirkan Bibit Atlet Panahan

MilkLife Archery Challenge 2024 telah berakhir. Ajang yang bergulir di Kudus ini melahirkan bibit atlet panahan.

Kejuaraan panahan yang melibatkan 357 pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) ini bergulir di Stadion Supersoccer Arena di Kudus, Jawa Tengah. Pertandingan berlangsung sejak 22 Agustus dan tuntas pada 25 Agustus.

Peserta terbagi dalam tiga kategori pertandingan, yaitu PVC KU 10, PVC KU 12, dan Nasional (Standar Bow) KU 12, baik putra maupun putri. Mereka berlomba menunjukkan kemampuan, konsentrasi, dan daya juang yang tinggi demi meraih posisi teratas di podium.

Di kategori PVC KU 10 Putra, Rhymonda Felix Alviero dari SDIT Al-Ikhlas Tlogowungu Pati berhasil meraih gelar juara. Di sektor putri, Arista Adinda Zahrani dari SDN Tondokerto Pati menjadi kampiun dengan set point 6-0 (81-65).

Pada kategori PVC KU 12, Muhammad Zahfa Rafi Arrosyid dari SDIT Umar Bin Khathab Kudus keluar sebagai pemenang. Di sektor putri, Ayudya Zaqiya dari MI NU Banat Kudus meraih gelar juara.

Perebutan gelar juara di kategori Nasional (Standar Bow) KU 12 berlangsung lebih kompetitif. Di nomor putri, Shakila Queena Elrakha dari SDUT Bumi Kartini Jepara sebagai juara dan di sektor putra, Chalief Danesh Barana Setya dari SDN Geritan Pati berhasil memenangkan pertandingan.

Baca juga: Archery Challenge 2024 Berlangsung di Kudus

Archery Challenge 2024 juga mempertandingkan format beregu yang mewakili nama sekolah. SD 1 Burikan Kudus menjadi juara beregu di kategori PVC KU-10 Putra dan PVC KU-10 Putri, SDIT Umar Bin Khathab Kudus (PVC KU-12 Putra, PVC KU-12 Putri, dan Nasional KU-12 Putri), serta SDIT Al Huda Wonogiri (Nasional KU-12 Putra). Hasil ini membawa SDIT Umar Bin Khathab Kudus meraih gelar Juara Umum kategori Nasional KU-12.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, mengatakan bahwa penyelenggaraan MilkLife Archery Challenge 2024 bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat Kudus dan sekitarnya terhadap olahraga panahan, khususnya di kalangan pelajar. Yoppy mengapresiasi antusiasme peserta pada gelaran perdana ini.

“Target utama kami adalah menciptakan regenerasi pemanah handal di Kudus. Kami menyiapkan kaderisasi pemanah secara berjenjang dan berkesinambungan, sehingga Kudus dapat menembus tiga besar di provinsi, lalu melanjutkan ke tingkat nasional. Karena Solo dan Semarang sudah puluhan tahun berada di tiga besar tingkat Jawa Tengah,” kata Yoppy dalam keterangan pers.

Dukungan juga disampaikan oleh Soegiono, Direktur Marketing Global Dairi Alami, produsen susu MilkLife. Menurutnya, penyelenggaraan MilkLife Archery Challenge sejalan dengan visi perusahaan untuk menyehatkan anak-anak Indonesia melalui kegiatan olahraga dan asupan nutrisi yang seimbang.

“Dalam upaya menyehatkan anak-anak Indonesia dengan produk susu berkualitas, kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan Bakti Olahraga Djarum Foundation dalam menggelar turnamen yang positif bagi tumbuh kembang anak. Turnamen ini tidak hanya menciptakan kesenangan, tetapi juga menyehatkan generasi masa depan dan melahirkan calon atlet kebanggaan Tanah Air, termasuk di cabang olahraga panahan yang menjadi tonggak prestasi Indonesia di Olimpiade,”ungkap Soegiono.

Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Senam 2025

Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik FIG ke-53. Ajang itu rencananya terselenggara di Jakarta pada 19 Oktober 2025.

Kabar itu disampaikan Sekretaris Jenderal Federation Internationale de Gymnastique (Federasi Internasional Senam) Nicolas Buompane, melalui surat elektronik, Jumat (3/5/2024).

Dalam surat yang ditujukan kepada Komite Eksekutif FIG, federasi terkait, dan serikat kontinental tersebut, dijelaskan bahwa telah dilakukan pemungutan suara elektronik terkait alokasi Kejuaraan Dunua Senam Artistik FIG ke-53 yang diadakan pada pekan ini.

“Komite Eksekutif FIG telah menyetujui alokasi penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Senam Artistik FIG ke-53 kepada Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani). Acara ini akan diselenggarakan di kota Jakarta pada tanggal 19-25 Oktober 2025,” bunyi surat yang diterima pewarta di grup Kemenpora.

Baca juga: Cdm Gelar Forum Olimpiade, Usung Semangat Kolektif

Kabar baik ini turut melengkapi pencapaian senam Indonesia yang telah sukses mengirimkan atletnya ke Olimpiade Paris 2024. Atlet putri Rifda Irfanaluthfi mengukir sejarah dengan menjadi pesenam Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade Paris, 26 Juli-11 Agustus.

Dalam pemberitaan sebelumnya di laman Kemenpora, Ketua Umum PB Persani Ita Yuliati memang sempat menyampaikan pihaknya tengah membuat rencana induk terkait perhelatan akbar tersebut.

Nantinya masterplan itu akan diserahkan PB Persani kepada pemerintah. Kemudian juga dibahas mengenai sejumlah potensi kerja sama yang akan dilakukan.

Saat itu, Ita juga sempat menyampaikan harapannya agar melalui Kejuaraan Dunia Artistik ini dapat memacu lebih jauh dari para atlet untuk mencetak prestasi. Selain, PB Persani juga ingin bisa mendapatkan sarana atau fasilitas yang bisa menunjang perkembangan atlet.

“Tentu kami sangat mengharapkan hal-hal tersebut. Mohon doanya, semoga ini bisa berjalan dengan lancar dan Indonesia bisa mengukir prestasi,” kata Ita.

Baca juga: Bernard Akhiri Penantian 20 Tahun RI di Balap Sepeda Track Olimpiade

(mcy/krs)

Hasil Indonesia Open 2024- Chico Dikalahkan Wakil Thailand

Chico Aura Dwi Wardoyo kandas di babak pertama Indonesia Open 2024. Dia ditumbangkan oleh Kantaphon Wangcharoen dari Thailand.

Chico vs Kantaphon berlangsung di Istora Senayan, Selasa (4/6/2024) sore WIB. Chico kalah 16-21, 9- 21.

Chico sempat dapat perlawanan sengit dari wakil Thailand tersebut. Secara perlahan, Chico dapat mengatasinya dan memimpin jauh 11-5 di interval.

Baca juga: Hasil Indonesia Open 2024: Gregoria Depak Putri KW

Kondisi tak bisa diatasi Chico selepas jeda. Keunggulan tunggal putra Indonesia berusia 25 tahun itu malah menipis menjadi 11-9.

Kantaphon kemudian balik memimpin. Chico pun harus rela kehilangan gim pertama dengan kekalahan 16-21.

Chico tak memulai gim kedua dengan baik. Dia tertinggal 0-6 dan semakin menjauh ditinggal Kantaphon menjadi 3-11 sampai interval.

Chico mencoba bangkit selepas jeda dan mendapatkan tiga poin secara beruntun. Namun, momen itu tak bisa dijaga dengan baik sehingga Kantaphon kembali ke ritme mainnya.

Pada akhirnya kekalahan harus diterima Chico. Dia kehilangan gim kedua dengan skor 9-21 dan tersingkir dari ajang ini.

Baca juga: Hasil Indonesia Open 2024: Apriyani/Fadia ke 16 Besar Usai Partai Alot

Asian Games 2023- Kans Nicholas Karel Rebut Medali

Perenang Indonesia Nicholas Karel Subagyo finis ketiga Slow Heat 2 800 meter gaya bebas putra Asian Games 2023. Dia masih punya kans mendapatkan medali.

Tampil di Hangzhou Olympic Sports Centre Aquatic Sports Arena, pada Kamis (28/9/2023), Nicholas sempat memimpin perlombaan Slow Heat 2. Namun, keunggulannya hanya bertahan sampai 100 meter.

Pada pengembalian menuju 50 meter berikutnya, kecepatan perenang kelahiran 29 September 2003 itu menurun. Alhasil, posisinya pun dibalap oleh perenang Singapura, Glen Jun Wei Lim pada 200 meter berjalan.

Baca juga: Jadwal 16 Besar Asian Games 2023: Indonesia Vs Uzbekistan Main Sore Ini

Kemudian persaingan berlanjut. Sebab perenang asal Thailand, Ratthawit Thammananthachote melejit ke posisi pertama saat perlombaan memasuki 250 meter. Posisi itu terus bertahan hingga tanda perlombaan memasuki lap terakhir.

Thammananthachote pada akhirnya menempati urutan pertama dengan catatan waktu 8 menit 07,17 detik. Disusul Glen dengan waktu 8 menit 12,72 detik, kemudian Nicholas yang menempati urutan ketiga usai membukukan waktu 8 menit 21,04 detik.

Kendati berada di peringkat ketiga, peluang atlet berusia 19 tahun itu untuk meraih medali terbuka. Sebab, catatan waktunya masih akan digabungkan dengan perenang-perenang dari Fast Heat yang akan bermain pukul 19.16 WIB malam ini.

Baca juga: Klasemen Medali Asian Games 2023 Malam Ini: Indonesia Tetap di Posisi 8

Selain Nicholas, Indonesia juga menurunkan perenang dari nomor 200 meter gaya dada putra Muhammad Dwiky Raharjo. Namun, laju Dwiky dipastikan tidak berlanjut seusai finis di peringkat kelima Heat ketiga.

Atlet kelahiran 9 November 2000 itu gagal ke final setelah hanya finis dengan catatan waktu 2 menit 17,81 detik, kalah dari perenang tuan rumah, China, yang mendominasi di peringkat pertama dan kedua.

Begitu pun dengan perenang Merah-Putih lainnya, Joe Aditya Wijaya Kurniawan, juga gagal ke final 50 meter gaya kupu-kupu putra.

Atlet berusia 22 tahun itu finis di peringkat keenam dengan waktu 24,52 detik selisih 0,79 detik dari peringkat pertama perenang Singapura, Mikkel Jun Jie Lee, yang mencatatkan waktu 23,73 detik di Heat 3.

Baca juga: Tera dan Emas Pertama Menembak dalam 72 Tahun

5 Momen Ikonik MotoGP Mandalika

  • Momen-momen Ikonik di Mandalika
  • 1. Rara Si Pawang Hujan 2. Miguel Oliveira dan Risman 3. Crash Jorge Martin 4. Tangisan Diggia 5. Balapan Hebat Bagnaia

MotoGP Mandalika akan digelar lagi akhir pekan ini. Sebelum itu, berikut momen-momen ikonik dalam race yang digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu.

Di Sirkuit Internasional Mandalika, balapan MotoGP Mandalika 2024 digelar. Rangkaian balapan ke-14 MotoGP 2024 digelar 27-29 September 2024.

Dalam dua balapan yang sudah digelar, ada beberapa momen yang membekas di MotoGP Mandalika. Berikut ini adalah Uraiannya.

Momen-momen Ikonik di Mandalika

1. Rara Si Pawang Hujan

Pada gelaran pertama MotoGP Mandalika pada 2022, hujan deras mengguyur sirkuit. Race sempat dihentikan, lalu digelar lagi dengan 20 putaran saja.

Ada aksi Rara, pawang hujan, yang viral di seluruh dunia. Situs MotoGP bahkan memberi atensi pada aksinya.

Baca juga: MotoGP: Rekor-rekor di Sirkuit Mandalika

2. Miguel Oliveira dan Risman

Miguel Oliveira menjadi pemenang gelaran perdana MotoGP Mandalika. Dia mempersembahkan kemenangan yang diraih saat memperkuat KTM itu. untuk Risman.

Risman adalah salah satu staf hotel tempat Oliveira yang menginap. Keramahan Risman membuat Oliveira terkesan.

3. Crash Jorge Martin

Pada musim lalu, Jorge Martin, menjadi pemenang sprint race MotoGP Mandalika. Saat balapan di Mandalika, Jorge Martin masih berpeluang untuk menjadi juara dunia.

Malang menimpa Jorge Martin saat main race. Di tikungan 11, MArtinator terjatuh, hingga gagal menyelesaikan race di Lombok, NTB. Saat musim berakhir, Martin mengaku kegagalan di Mandalika sebagai salah satu penyesalan terbesarnya. Gelar juara dunia pun jatuh ke tangan Francesco Bagnaia.

Baca juga: MotoGP Mandalika: Bahagianya Marc Marquez Kembali ke Indonesia

4. Tangisan Diggia

Fabio Di Giannantonio menangis di Mandalika tahun lalu. Dia menembus podium ketiga, selepas balapan menangis di hadapan motor.

Saat itu, nasib Diggia di MotoGP belum jelas. Dia sudah digantikan oleh Marc Marquez di Gresini Racing untuk race musim ini.

Pada prosesnya, Diggia harus puas menempati posisi keempat karena terkena penalti. Tapi, dengan hasil di MotoGP Mandalika musim lalu, dia bisa mengamankan kursi di tim VR46 Racing Team untuk MotoGP 2024.

5. Balapan Hebat Bagnaia

Francesco Bagnaia tampil impresif di MotoGP Mandalika 2023. Dia start dari urutan ke-13, sukses menjadi pemenang.

Dengan kemenangan di Lombok itu, Bagnaia pun kembali memuncaki klasemen MotoGP 2023 dengan raihan 346 poin. Dia terbantu dengan crash Jorge Martin. Pada prosesnya, Bagnaia bisa menjadi juara dunia lagi di MotoGP 2023.

[Gambas:Twitter]

Baca juga: MotoGP: Mandalika Tiada Duanya!

Simak: Video Marc Marquez Cs Disambut Ribuan Siswa di Mataram

[Gambas:Video 20detik]

(cas/rin)

Dua Lawan Mundur, Jeka Saragih Masih Cari Lawan di UFC

Jeka Saragih masih mencari lawan baru di UFC jelang debutnya bulan depan. Dua lawannya mundur, dengan yang terbaru Charlie Campbell menarik diri dari duel.

Akun Mola Sport sempat mengumumkan lawan Jeka adalah Charlie Campbell. Keduanya dijadwalkan bergelut di UFC Apex, 18 November 2023 atau 19 November 2023 WIB.

“BREAKING NEWS. Lawan baru Jeka Saragih pada tanggal 18 November telah dikonfirmasi! Bintang Indonesia ini akan menjalani debutnya di UFC melawan Charlie “The Cannibal” Campbell di UFC Apex – catat tanggalnya!” tulis akun Mola Sport.

Jeka awalnya diagendakan melawan Jesse Butler. Namun, Butler mengalami cedera sehingga harus menarik diri.

Sampai akhirnya, Jeka Saragih diumumkan melawan Charlie Campbell. Lawannya kali ini juga lebih dulu mencicipi kerasnya oktagon UFC.

View this post on Instagram

A post shared by Mola Sport (@mola.sport)

Belakangan, Mola Sport mengonfirmasi bahwa Charlie Campbell juga mundur. Artinya, Jeka Saragih masih belum mendapat lawan baru sejauh ini.

Kini Jeka masih mencari lawan baru. Setelah Jesse Butler dan Charlie Campbell, siapa yang berani menghadapi fighter jebolan One Pride itu?

View this post on Instagram

A post shared by Mola Sport (@mola.sport)

Sebelumnya Campbell, yang berjuluk The Cannibal, baru saja duel di UFC September lalu. Fighter kelas ringan itu turun di preliminary card UFC Fight Night 227.

Rekor pertarungannya di MMA adalah 8-2-0, dengan catatan menang 6 TKO dan belum pernah menang submission. Sementara catatan Jeka adalah 13-3-0.

Duel UFC bulan depan sendiri akan menjadi debut Jeka Saragih berlaga di ajang MMA bergengsi itu. Petarung asal Simalungun itu mendapat kontrak bertarung di UFC usai tampil atraktif di Road To UFC tahun lalu.

Baca juga: Lawan Jeka Saragih di UFC Mundur Akibat Cedera

Hasil Olimpiade 2024- Fathur Gustafian Gagal ke Final Menembak

Petembak Indonesia Fathur Gustafian gagal menembus babak final cabor menembak di Olimpiade 2024. Fathur tersisih di kualifikasi.

Di Chatearoux Shooting Arena pada Minggu (28/7/2024) sore WIB, Fathur Gustian turun di nomor final di nomor 10 meter air rifle individu putra. Fathur hanya mengumpulkan total angka 628,7 untuk finis ke-15 dari total 49 kontestan. Hanya delapan petembak teratas yang berhak lolos ke final.

Baca juga: Apri/Fadia Tersingkir di Olimpiade Paris 2024

Petembak berusia 25 tahun asal Bogor ini mengumpulkan nilai terbaiknya di series enam dengan 106,6. Sedangkan hasil terburuk Fathur ada di series kedua dengan 104.

Fathur Gustafian hanya berjarak 1,1 dari petembak Kroasia Petar Gorsa, yang menempati posisi delapan (629,8). Sementara itu petembak China Sheng Lihao menjadi yang terbaik setelah mengumpulkan total nilai 631,7 dari enam series.

Baca juga: Hasil Olimpiade 2024: Maryam March Maharani Terhenti di 16 Besar

Meski demikian, Fathur memiliki satu peluang lainnya. Fathur Gustafian masih akan bertarung di nomor 50 meter rifle 3 position putra, di mana babak kualifikasinya akan digelar pada 31 Juli.

Adapun delapan petembak yang berhasil lolos ke babak berikutnya adalah; Sheng Lihao (China), Marcelo Gutierrez (Argentina), Danilo Sollazzo (Italia), Miran Maricic (Kroasia), Cho Dae-han (Korea Selatan), Victor Lindgren (Swedia), Arjun Babuta (India), dan Gorsa menempati posisi teratas sampai delapan berturut-turut.

Baca juga: Hasil Olimpiade 2024: Panahan Beregu Wanita RI ke Perempatfinal!

Indonesia Open 2023- Ginting Lanjut ke Babak 16 Besar

Anthony Sinisuka Ginting hadapi Hans-Kristian Vittinghus di Indonesia Open 2023. Ginting kunci tiket ke babak 16 besar dengan menang dua gim.

Indonesia Open 2023 berlanjut di Istora Senayan, Rabu (14/6). Pada laga ke-10, ada duel Indonesia vs Denmark di nomor tunggal putra yakni Anthony Ginting kontra ans-Kristian Vittinghus.

Ginting menangi gim pertama dengan skor telak 21-8 dan 21-10 dalam waktu 31 menit.

Anthony Ginting awali gim pertama dengan mulus. Pukulan-pukulan kombinasinya membuat Ginting unggul 4-1.

Hans pelan-pelan mendekat 6-8, setelah pukulan Ginting out. Permainan cepat dari Ginting bikin dirinya unggul di interval 11-6.

Ginting terus melebarkan jarak 17-8, mampu patahkan tempo permainan lambat dari Hans. Ginting lalu capai gim point 20-8 dengan smash kerasnya dan menang 21-8.

Anthony Ginting awali gim kedua dengan jaga momentum, langsung unggul 4-0 setelah pukulan dropshot-nya masuk.

Hans-Kristian Vittinghus coba keluar dari tekanan, namun Ginting tidak kasih kesempatan. Hans sampai jatuh bangun saat kejar smash menyilang Ginting dan Ginting terus memimpin 8-4. Ginting tutup interval gim kedua 11-4.

Ginting terus meraup poin 16-4 setelah menangi adu netting. Hans benar-benar kesulitan membendung dropshot Ginting, makin tertinggal 5-18.

Ginting capai match point 20-8 setelah smash cepatnya masuk sempurna. Akhirnya Ginting menangi gim kedua dengan skor 21-10.

(aff/adp)

Honda Dikabarkan Jalin Kontak dengan Di Giannantonio

Honda terus berburu pengganti Marc Marquez. Kabar terbaru, pabrikan Jepang itu dirumorkan membidik Fabio Di Giannantonio.

Honda dan Marc Marquez memutuskan pisah jalan pada akhir musim ini. Kontrak Baby Alien sebenarnya masih berlaku sampai 2024.

Sejumlah rider sudah dikabarkan menjadi incaran Honda. Miguel Oliveira, Maverick Vinales, sampai Luca Marini juga dikaitkan dengan Honda. Tapi, semua rider itu masih terikat kontrak sampai 2024 dengan timnya.

Baca juga: Bos VR46 Racing Team Tak Duga Marc Marquez Akan ke Ducati

Dari semua line-up rider MotoGP, Diggia –sapaan Di Giannantonio– yang menyandang status bebas kontrak untuk musim depan. Italiano itu terdepak dari Gresini Racing karena digantikan Marc Marquez.

GP One yang menulis rumor bahwa Honda sedang mendekati Diggia. Bahkan, kontak dengan manajer Diggia disebut sudah dilakukan.

Diggia menunjukkan peningkatan performa dalam beberapa race terakhir dengan Gresini. Dia selalu finis 10 besar dalam empat balapan terakhir MotoGP 2023.

Baca juga: Joan Mir Pahami Keputusan Marquez, Juga Sempat Ingin Tinggalkan Honda

Bahkan, Diggia juga meraih podium ketiga saat balapan MotoGP Australia. Sementara ini, itu menjadi pencapaian terbaik untuk Diggia.

Diggia tak akan mempermasalahkan tawaran kontrak setahun dari Honda. Oleh karena itu, dia bisa menjadi solusi untuk Honda kalau diberi kesempatan.

Baca juga: Marc Marquez Free Agent di 2025, Ducati Tertarik?

(cas/cas)

Indonesia Open 2024- Ester Petik Pelajaran untuk Masa Depan

Kiprah Ester Nurumi Tri Wardoyo di Indonesia Open 2024 berakhir di babak 16 besar. Sudah memetik pelajaran, pebulutangkis 18 tahun itu bertekad tampil lebih baik di masa depan.

Tampil sebagai debutan, Ester sukses mencapai babak kedua di turnamen BWF Super 1000 Indonesia Open. Setelah mengalahkan juara dunia 2017 Nozomi Okuhara di 32 besar, Ester akhirnya takluk di tangan pemain China Wang Zhi Yi, Kamis (6/6/2024).

Ester dikalahkan Wang dua gim langsung dengan skor identik 13-21, 13-21 di Istora GBK, Jakarta. Ini sekaligus menjadi kekalahan ketiga Ester dari pemain putri berperingkat enam tersebut, dengan dua pertemuan sebelumnya tersaji di Malaysia Masters dan Kejuaraan Asia 2024.

“Pada pertandingan ini saya banyak kehilangan fokus. Saat ingin bangkit, saya kurang bisa menahan serangan lawan yang banyak melancarkan bola-bola rally,” kata Ester dalam keterangannya.

Baca juga: Indonesia Open 2024: Ester Takluk Straight Game dari China

Meskipun kalah, Ester Nurumi Tri Wardoyo mengaku tetap puas dengan penampilannya kali ini. Ada pelajaran yang dipetiknya, dalam usaha bisa bermain lebih maksimal melakoni partai-partai di masa mendatang.

“Ke depannya, saat menghadapi pemain seperti Wang Zhi Yi, saya akan bermain lebih menahan saat lawan melakuakn serangan rally,” tutur pemain ranking 35 dunia itu.

Lebih lanjut Ester mengatakan senang mendapatkan kesempatan main di turnamen yang levelnya tinggi. Ia termotivasi untuk mempersiapkan diri lebih baik untuk ke depannya.

“Saya harus mempersiapkan diri dengan maksimal baik dari segi teknik di dalam maupun luar lapangan,” kata Ester.

Baca juga: Indonesia Open 2024: Gregoria Melaju ke Delapan Besar

Hasil MotoGP Austria- Bagnaia Juara Ungguli Binder

Francesco Bagnaia finis terdepan pada MotoGP Austria 2023. Ia mengungguli Brad Binder di urutan kedua dan Marco Bezzecchi di posisi ketiga.

MotoGP Austria pada seri kesepuluh MotoGP 2023 bakal digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (20/8/2023) pukul 19.00 WIB. Francesco Bagnaia start dari posisi terdepan.

Ia mampu melaju untuk terus berada di posisi terdepan. Pebalap Ducati ini berada di urutan pertama hingga balapan tuntas.

Bagnaia memenangi MotoGP Austria. Posisi kedua ditempati oleh Brad Binder. Marco Bezzecchi melengkapi podium dengan mengakhiri balapan di posisi ketiga.

Kemenangan di Austria memantapkan posisi Bagnaia di posisi teratas klasemen pebalap. Pria asal Italia ini mengumpulkan 251 poin.

Baca juga: Kontroversi Steward MotoGP soal Keputusan Sanksi Kecelakaan Sprint Race

Jalannya Balapan

Bagnaia yang menempati pole position langsung tancap gas untuk memimpin balapan selepas start. Maverick Vinales yang memulai balapan dari urutan kedua yang melorot ke posisi delapan.

Brad Binder naik ke urutan kedua diikuti oleh Jack Miller di posisi ketiga. Alex Marquez kemudian bisa mengambil alih posisi ketiga dari Miller saat balapan berlangsung empat lap.

Binder berusaha keras mengambil alih pemimpin balapan dari Bagnaia. Namun, Bagnaia masih cukup prima mempertahankan posisinya hingga balapan berlalu lima lap.

Bagnaia dan Binder melesat sendirian di depan meninggalkan rombangan besar pebalap. Sementara persaingan sengit juga terjadi untuk memperebutkan posisi ketiga.

Alex Marquez terus mendapat tekanan dari Marco Bezzecchi. Bezzecchi naik ke urutan keempat setelah Miller terlempar dari lima besar.

Bagnaia perlahan mulai menjauh dari Binder. Ia begitu nyaman di posisi terdepan hingga 10 lap terakhir balapan.

Perebutan posisi ketiga antara Marquez dengan Bezzecchi terus seru hingga menjelang akhir balapan. Persaingan semakin sengit setelah Luca Marini juga menguntit di posisi kelima.

Bezzecchi akhirnya bisa menyalip Marquez saat balapan menyisakan enam lap lagi. Ia bisa mendahului pebalap Spanyol tersebut di track lurus.

Setelah disalip oleh Bezzecchi posisi Marquez terancam oleh Marini. Marini semakin menambah derita Marquez usai bisa mendahuluinya menjelang lap terakhir.

Bagnaia yang nyaman berada di urutan terdepan akhirnya bisa meraih podium pertama. Binder berada di urutan kedua.

Bezzecchi melengkapi podium dengan berada di urutan ketiga. Marini di urutan keempat dan posisi kelima ditempati oleh Alex Marquez.

Hasil MotoGP Austria 2023

POSPebalapTimCatatan Waktu
1Francesco BagnaiaDucati Lenovo (GP23)42m 23.315s
2Brad BinderRed Bull KTM (RC16)+5.191s
3Marco BezzecchiMooney VR46 Ducati (GP22)+7.708s
4Luca MariniMooney VR46 Ducati (GP22)+10.343s
5Alex MarquezGresini Ducati (GP22)+11.039s
6Maverick ViñalesAprilia Racing (RS-GP23)+11.724s
7Jorge MartinPramac Ducati (GP23)+12.917s
8Fabio QuartararoMonster Yamaha (YZR-M1)+19.509s
9Aleix EspargaroAprilia Racing (RS-GP23)+20.231s
10Enea BastianiniDucati Lenovo (GP23)+20.729s
11Franco MorbidelliMonster Yamaha (YZR-M1)+21.527s
12Marc MarquezRepsol Honda (RC213V)+23.027s
13Johann ZarcoPramac Ducati (GP23)+24.259s
14Augusto FernandezTech3 GASGAS (RC16)*+25.365s
15Jack MillerRed Bull KTM (RC16)+25.475s
16Pol EspargaroTech3 GASGAS (RC16)+28.073s
17Fabio Di GiannantonioGresini Ducati (GP22)+28.998s
18Takaaki NakagamiLCR Honda (RC213V)+32.316s
19Lorenzo SavadoriAprilia Factory (RS-GP23)+42.392s
20Iker LecuonaLCR Honda (RC213V)+46.239s
Raul FernandezRNF Aprilia (RS-GP22)DNF
Joan MirRepsol Honda (RC213V)DNF
Miguel OliveiraRNF Aprilia (RS-GP22)DNF
Baca juga: Dituding Pemicu Kecelakaan Sprint Race, Jorge Martin Kena Sanksi Ini

Jadwal Sprint Race MotoGP Portugal 2024 Malam Ini

  • Jadwal MotoGP Portugal 2024
  • Sabtu, 23 Maret 2024 Minggu, 24 Maret 2024

  • Klasemen MotoGP 2024 untuk sementara

Simak di sini jadwal Sprint Race MotoGP Portugal 2024. Siapa yang akan menambah poin di Sirkuit Portimao nanti malam?

Di Sirkuit Portimao, Qatar, seri kedua MotoGP 2024 berlangsung. Setelah sesi-sesi latihan, akan ada sesi kualifikasi, sprint race, dan race utama.

Merujuk jadwal, sprint race MotoGP Portugal 2024 akan berlangsung pada hari Sabtu (23/3/2024) pukul 22.00 WIB. Race ini berlangsung sebanyak 12 laps.

Baca juga: Hasil Practice MotoGP Portugal 2024: Bastianini Terdepan, Marquez Ketiga

Sebelum sprint Race MotoGP Portugal 2024, terlebih dulu dilangsungkan sesi kualifikasi yang berjalan pada pukul 17.50 WIB – 18.30 WIB.

Dari hasil Practice MotoGP Portugal 2024, 10 rider memastikan lolos langsung ke Q2 sesi kualifikasi untuk berusaha memperebutkan pole position.

Di antara yang lolos langsung ke Q2 adalah Enea Bastianini, Jack Miller, dan Marc Marquez di posisi tiga tercepat dalam sesi Practice.

Baca juga: MotoGP Portugal: Bagnaia Kembali ke Sirkuit Favoritnya

Juara bertahan Francesco Bagnaia harus puas menempati posisi kedelapan. Ia mengungguli dua rider pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo dan Alex Rins.

Jadwal MotoGP Portugal 2024

Sabtu, 23 Maret 2024

  • 17:10-17:40 WIB MotoGP Free Practice 2
  • 17:50-18:05 WIB MotoGP Qualifying 1
  • 18:15-18:30 WIB MotoGP Qualifying 2
  • 22:00 WIB MotoGP Sprint Race (12 Laps)

Minggu, 24 Maret 2024

  • 21:00 WIB MotoGP Race (25 Laps)

Klasemen MotoGP 2024 untuk sementara

PosRiderTimPoin
1Francesco BagnaiaDucati Lenovo (GP24)31
2Brad BinderRed Bull KTM (RC16)29
3Jorge MartinPramac Ducati (GP24)28
4Marc MarquezGresini Ducati (GP23)18
5Enea BastianiniDucati Lenovo (GP24)15
6Aleix EspargaroAprilia Racing (RS-GP24)15
7Alex MarquezGresini Ducati (GP23)13
8Fabio di GiannantonioVR46 Ducati (GP23)9
9Pedro AcostaRed Bull GASGAS Tech3 (RC16)9
10Maverick ViñalesAprilia Racing (RS-GP24)7
11Fabio QuartararoMonster Yamaha (YZR-M1)5
12Johann ZarcoLCR Honda (RC213V)4
13Joan MirRepsol Honda (RC213V)3
14Marco BezzecchiVR46 Ducati (GP23)2
15Miguel OliveiraTrackhouse Aprilia (RS-GP24)1

(krs/aff)

Hasil Orleans Masters 2024- Indonesia Sabet 1 Gelar Juara

  • Hasil final Orleans Masters 2024

Wakil Indonesia menyabet satu gelar juara di ajang bulutangkis Orleans Masters 2024, lewat pencapaian ganda putri Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose.

Dalam rangkaian pertandingan final Orleans Masters 2024 di Palais des Sports, Orleans, Prancis, Minggu (17/3/2024), Indonesia memiliki tiga wakil di partai puncak.

Yang pertama adalah ganda campuran inov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, yang juga bermain di partai pertama di babak final melawan pasangan China Cheng Xing/Zhang Chi. Rinov/Mentari kalah dalam rubber game.

Baca juga: Hasil Orleans Masters 2024: Indonesia Kirim 3 Wakil ke Final

Setelah itu di partai kedua dan ketiga partai puncak Orleans Masters 2024 dimainkan nomor-nomor tunggal, yang keduanya memunculkan All Japanese Finals. Tomoka Miyazaki juara di sektor putri sedangkan Yushi Tanaka berjaya di nomor putra.

Di partai keempat rangkaian final Orleans Masters 2024, ganda putri Indonesia Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose berhadapan dengan pasangan Jepang Rui Hirokami/Yuna Kato.

Dalam partai yang berlangsung selama 56 menit, Meilysa/Rachel berhasil menjuarai turnamen BWF World Tour level Super 300 tersebut.

Baca juga: Hasil All England 2024: Indonesia Rebut 2 Titel Juara

Di partai kelima Orleans Masters 2024, giliran ganda putra Indonesia Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani yang tampil. Lawannya adalah Choong Hon Jian/Muhammad Haikal dari Malaysia. Sabar/Reza kalah usai berjuang tiga gim.

Hasil final Orleans Masters 2024

  • XD
    Cheng Xing/Zhang Chi (China) vs Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia)
    16-21, 21-18, 21-15
  • WS
    Tomoka Miyazaki (Jepang) vs Hina Akechi (Jepang)
    21-18, 21-12
  • MS
    Yushi Tanaka (Jepang) vs Koo Takahashi (Jepang)
    21-18, 21-10
  • WD
    Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose (Indonesia) vs Rui Hirokami/Yuna Kato (Jepang)
    21-12, 21-18
  • MD
    Choong Hon Jian/Muhammad Haikal (Malaysia) vs Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani (Indonesia)
    21-15, 18-21, 21-14

Jadwal Malaysia Masters 2024 Hari Ini- Alwi Mulai dari Kualifikasi

Para pebulutangkis Indonesia akan tampil di Malaysia Masters 2024 pada pekan ini. Perjuangan para wakil Merah Putih akan dimulai hari ini, Selasa (21/5/2024).

Setelah tampil di Thailand Open 2024 pekan lalu, sejumlah pebulutangkis Indonesia turun di Malaysia Masters 2024 yang juga merupakan turnamen level Super 500 itu. Turnamen ini akan digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, pada 21-26 Mei.

Indonesia menurunkan 13 wakil di Malaysia Masters 2024. Setelah absen di Thailand Open 2024, tunggal putra mengirim tiga wakil ke Malaysia Masters 2024.

Chico Aura Dwi Wardoyo akan langsung bertanding di babak 32 besar. Sementara itu, Alwi Farhan dan Shesar Hiren Rhustavito harus merangkak dari kualifikasi yang dimulai hari ini, Selasa (21/5/2024).

Baca juga: Gagal Juara di Thailand Open 2024, Ana/Tiwi Janji Lebih Kerja Keras

Sementara itu, nomor ganda putra diwakili oleh pasangan non-pelatnas, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani. Mereka akan menghadapi ganda Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Tunggal putri diwakili oleh tiga nama yakni Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Putri Kusuma Wardani. Sementara ganda campuran jadi yang paling banyak mengirim wakil dengan lima pasangan di Malaysia Masters 2024.

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi kembali jadi harapan di nomor ganda putri. Ana/Tiwi di Thailand Open 2024 lalu melaju sampai final dan jadi runner-up.

Jadwal Malaysia Masters 2024, Selasa (21/5/2024)

  • Lapangan 2

Alwi Farhan vs Mads Christophersen – match 2

  • Lapangan 3

Shesar Hiren Rhustavito vs S. Snkar Muthusamy Subramanian – match 2

  • Lapangan 3

Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen – match 8

Baca juga: Lanny Sempat Cemas Tak Punya Partner Usai Ribka Putuskan Mundur

Jadwal MotoGP Prancis 2024- Hari Ini Mulai Adu Kencang di Le Mans

Berikut jadwal MotoGP Prancis 2024. Rangkaian aksi di Sirkuit Le Mans bakal dimulai pada hari Jumat (10/5) ini.

Circuit des 24 Heures du Mans, juga biasa disebut sirkuit Bugatti, yang berada di Le Mans adalah venue race seri kelima di MotoGP 2024, tepatnya dalam gelaran MotoGP Prancis 2024.

Sebelum ini sudah empat seri race yang digelar di MotoGP 2024. Rider-rider Ducati masih tampak menonjol, tapi motor Aprilia juga tidak mau kalah mencuri perhatian.

Baca juga: MotoGP Prancis 2024: Bagnaia Bidik Kemenangan Pertama di Le Mans

Di MotoGP 2024, dari empat race utama yang sudah digelar, ada tiga di antaranya yang berhasil dimenangi oleh rider Ducati. Sedangkan di MotoGP Amerika 2024 ada Maverick Vinales (Aprilia) yang finis paling pertama.

Selain dominasi Ducati yang terusik Aprilia, kehadiran rookie Pedro Acosta (Red Bull GasGas Tech3) yang menunggangi motor KTM juga berhasil membetot perhatian di MotoGP 2024. Ia sudah dua kali naik podium di race utama dan diprediksi bakal mampu menandai musim debut di MotoGP dengan kemenangan.

Sementara merujuk ke klasemen MotoGP menjelang MotoGP Prancis 2024 ada Jorge Martin dan Francesco Bagnaia di dua tangga teratas. Keduanya adalah rider Ducati yang musim lalu juga bersaing ketat sampai akhir. Saat ini sang juara bertahan Pecco Bagnaia berada di posisi kedua dengan 75 poin, tepat di bawahJorge Martin yang punya raihan 92 poin.

Baca juga: MotoGP Prancis: Bezzecchi Pede Balapan di Le Mans

Ada pula Enea Bastianini, rekan setim Bagnaia, yang punya 70 poin untuk menempati posisi ketiga. Ia dikuntit Acosta sang debutan yang berada di posisi keempat dengan jarak satu angka lewat raihan 69 poin.

Sementara Maverick Vinales, yang musim ini sudah mengusik dominasi rider Ducati, menempati posisi kelima klasemen MotoGP 2024 dengan 63 angka. Marc Marquez yang menempati posisi keenam, membayanginya dengan 60 poin.

Bakal sesengit apa balapan MotoGP Prancis 2024? Gambaran lebih jelasnya akan mulai terlihat dari aksi-aksi di lintasan menjelang akhir pekan, pada hari Jumat (10/5) mulai sore hari nanti!

Jadwal MotoGP Prancis 2024

Jumat, 10 Mei 2024

  • 15:45-16:30 WIB MotoGP Free Practice Nr. 1
  • 20:00-21:00 WIB MotoGP Practice

Sabtu, 11 Mei 2024

  • 15:10-15:40 WIB MotoGP Free Practice Nr. 2
  • 15:50-16:05 WIB MotoGP Qualifying Nr. 1
  • 16:15-16:30 WIB MotoGP Qualifying Nr. 2
  • 20:00 WIB WIB Sprint Race MotoGP – 13 Laps

Minggu, 12 Mei 2024

  • 14:40-14:50 WIB MotoGP Warm Up
  • 19:00 WIB Race MotoGP – 27 Laps

(krs/raw)

Jadwal Paralimpiade 2024 Kontingen Indonesia, 30 Agustus 2024

Kontingen paralimpiade Indonesia akan kembali berjuang di Paralimpiade 2024 Paris hari kedua. Berikut jadwal pertandingannya.

Paralimpiade 2024 memasuki hari kedua, Jumat (30/8/2024). Indonesia akan kembali berjuang mengharumkan nama negara.

Kontingen Merah Putih akan turun di cabang para badmninton, para renang, para panahan, para atletik, dan boccia.

Atlet-atlet Tanah Air akan mulai bertanding pada pukul 13.30 WIB. Sejauh ini, belum ada perebutan medali yang diikuti Indonesia.

Jadwal Paralimpiade 2024 Paris

Jumat, 30 Agustus 2024

13.30 WIB Para Badminton

Fredy Setiawan vs Chigozie Jeremiah Nnanna (Nigeria) Tunggal Putra SL4

Leani Ratri Oktila vs Palak Kohli (India) Tunggal Putra SL4

14.00 WIB Para Panahan
Teodora Audi Ayudia Ferelly vs Sarah Al-Hameed (Mesir) Women’s Individual Compound Open 1/16

15.00 WIB Para Atletik
Saptoyogo Purnomo Putra 100 meter T37

16.40 WIB Boccia
Muhammad Bintang Herlangga vs Lan Zhijian (China) Individu Putra BC2

Felix Ardi Yudha vs Danik Allard (Kanada) Individu Putra BC2

16.40 WIB Boccia
Gischa Zayana vs Vivien Nagy (Hungaria) Individu Putri BC2

20.30 WIB Para Panahan
Ken Swagumilang vs Patrick French (Australia) Men’s Individual Compound Open 1/16

21.00 WIB Para Badminton (rescheduled)
Deva Anrimusthi vs Muhammad Fareez Anuar (Malaysia) Tunggal Putra SU5

Subhan vs Krysten Coombs (Inggris) Tunggal Putra SU6

Rina Marlina vs Li Fengmei (China) Tunggal Putri SU6

Bartlomiej Mroz (Polandia) vs Suryo Nugroho Tunggal Putra SU5

Ramdani/Oktila vs Yathira/Kohli (India) Ganda Campuran SL3-SU5

Setiawan/Sadiyah vs Yang J/Yang QX (China) Ganda Campuran Sl3-SU5

23.10 WIB Boccia
Muhammad Bintang Herlangga vs Sugimura Hidetaka (Jepang) Tunggal Putra BC2

Felix Ardhi Yudha vs Hirose Takayuki (Jepang) Tunggal Putra BC2

01.30 WIB Boccia
Gischa Zayana vs Chantal van Engelen (Belanda) Individu Putri BC2

14.30 WIB Para Renang
Maulana Rifky Yavianda 100 meter gaya punggungnS12 Heats

17.50 WIB Boccia
Muhammad Syafa vs Kim Dohyun (Korea Selatan) Individu Putr BC1

(yna/adp)