10 Game Persona Terbaik yang Harus Kalian Coba!

Game Persona Terbaik – Siapa sih yang tidak kenal dengan seri game JRPG populer buatan Atlus berjudul Persona. Game JRPG mengusung tema anak sekolahan dengan kekuatan misterius bernama Stand Persona, kalian akan menelusuri dan berpetualang terhadap sebuah insiden serta fenomena yang dapat mengancam keselamatan umat manusia bahkan dunia.

Persona Series telah berjalan sangat lama dimana seri tersebut berawal sebagai spin off dari seri Shin Megami Tensei yang sama-sama dibuat oleh developer Atlus. Dengan memasukkan beberapa elemen dari Shin Megami Tensei, seperti kekuatan Demon, Angel ataupun Dewa dari berbagai negara yang berubah menjadi kekuatan Persona, serial game ini sukses mencuri perhatian para gamer pecinta genre JRPG. Belum lagi dengan sistem Bond Link yang sangat populer dan bahkan tidak sedikit developer game mengikuti formula seperti yang ada di game Persona.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai 10 game Persona terbaik yang harus kalian coba. Daftar game terbaik Persona ini berdasarkan pendapat penulis sebagai fans berat seri Persona yang sudah mencoba dan menamatkan game-nya. Selain itu, beberapa game spin off juga akan saya masukkan karena game tersebut patut kalian coba dan mainkan.

Daftar isi

Game Persona Terbaik

Inilah 10 game Persona terbaik yang harus kalian coba!

10. Shin Megami Tensei: Persona

Game Persona terbaik pertama dalam daftar adalah game yang menjadi awal pertama jejak kesuksesan franchise ini, yaitu Shin Megami Tensei: Persona. Game ini menjadi awal mula terjadinya insiden aneh dialami oleh sekelompok anak SMA harus menyelamatkan dunia dari kehancuran.

Berawal dari keisengan anak-anak remaja SMA yang mencoba sebuah permainan ritual bernama Persona untuk memanggil makhluk misterius. Ternyata dari keisengan tersebut mereka harus menghadapi sebuah insiden supernatural yang dapat mengancam umat manusia dan menyelamatkan dunia. Tergantung dari rute yang kalian ambil, Protagonist dan teman-teman yang megikutinya akan menghadapi sebuah takdir yang harus mereka lalui.

Alasan game ini masuk diurutan terakhir adalah Shin Megami Tensei: Persona memiliki cerita yang simpel dan juga klasik dari seri Persona lainnya. Belum lagi game tersebut masih menjadi bagian game spin off dari Shin Megami Tensei dan sangat kental ciri khas cerita dan eksekusi rute ending dengan induk seriesnya.

9. Persona 4 Dancing All Night

Kalian pasti heran kenapa game joget-joget Persona 4 Dancing All Night bisa masuk dalam daftar ini dan mengalahkan game Persona pertama. Jawabannya cukup simpel, yaitu game ini sangat “fun” kalian mainkan.

Alasan lainnya adalah percaya atau tidak, sebagian dari cerita, lore dan karakter adalah canon di seri Persona. Bahkan salah satu karakter yang ada di game ini bernama Kanami akan muncul sebagai easter egg di game Persona 5. Meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Atlus, tapi dilihat dari easter egg tersebut, fans menganggap keberadaan game Persona 4 Dancing All Night adalah canon.

Selain itu, para member Investigation Team bisa kalian gunakan sebagai model yang akan melakukan dance pada game dengan berbagai aransemen lagu Persona 4 dari versi original sampai versi remix.

8. Persona 2 Innocent Sin dan Eternal Punishment

Selanjutnya ada 2 game klasik yang memiliki satu cerita saga berjudul Persona 2 Innocent Sin dan Eternal Punishment. Kedua game ini mengalami banyak peningkatan dari Shin Megami Tensei: Persona dan mulai memiliki ciri khasnya sendiri, seperti cerita, rute ending dan awal mula konsep Bond Link.

Game pertamanya menceritakan sebuah insiden dimana kekuatan misterius bangkit membuat berbagai macam rumor dan mitos yang pada awalnya dianggap tidak ada menjadi kenyataan. Protagonist dan teman-temannya harus menghentikan sumber kekuatan misterius tersebut dan menghindari potensi buruk yang dapat mengancam umat manusia.

Saya tidak bisa menjelaskan secara detail game keduanya karena mengandung spoiler terhadap ending pertamanya. Secara garis besar, Protagonist baru dalam game ini berusaha menghentikan ancaman dari Antagonist bernama JOKER yang akan membunuh siapa saja bagi mereka yang menginginkan kekuatannya.

Game Persona 2 lebih berfokus pada elemen cerita horror berkat kekuatan misterius yang dapat merealisasikan dari yang sebatas rumor dan mitos menjadi kenyataan. Hal terkadang membuat saya merinding. Tidak lupa juga bagaimana kekuatan tersebut sangat berbahaya bagi siapa saja yang menggunakannya, bahkan bagi mereka yang ingin membangkitkan sosok Hit*ler di dunia nyata hidup kembali. Dan ya, kalian bisa mengalahkan dia di game ini, lho.

7. Persona 4 Arena dan Ultimax

Selain Persona 4 Dance All Night, game spin off lainnya yang masuk dalam daftar game Persona terbaik adalah 2 seri game fighting berjudul Persona 4 Arena dan Ultimax. Sama halnya dengan game joget-joget, kedua game ini juga dianggap canon oleh fans.

Persona 4 Arena dan Ultimax bisa kalian nikmati baik itu dari segi story maupun keseruan bermain game fighting. Di komunitas game Persona pasti ada yang membahas perdebatan siapa karakter terkuat di game Persona (kecuali Protagonist yang sudah terlalu OP. Nah untuk mengetahui jawabannya, kalian bisa adu mekanik dengan menggunakan karakter favorit kalian vs karakter favorit Player lain.

6. Persona Q: Shadow of the Labyrinth

Berbicara mengenai adu mekanik karakter Persona, game Persona Q: Shadow of the Labyrinth menghadirkan karakter favorit kalian di Persona 3 dan Persona 4 bekerja sama mencari tahu misteri yang terjadi dan penyebab bagaimana mereka bisa bertemu dalam satu tempat.

Persona Q: Shadow of the Labyrinth sangat cocok untuk kalian yang suka bermain genre dungeon crawling RPG. Area baru yang akan kalian telusuri sangat luas dengan berbagai misi side quest unik dibalut dengan tema festival sekolah yang ada di Jepang. Banyak hal menarik yang akan kalian temukan di game ini dan menjadi fanservice untuk penggemar game Persona 3 dan 4.

5. Persona Q2: New Cinema Labyrinth

Sama halnya dengan Persona Q: Shadow of the Labyrinth, game sekuel berjudul Persona Q2: New Cinema Labyrinth sangat menarik untuk kalian mainkan. Dengan menghadirkan tim The Phantom Thieves dari Persona 5 yang ikut bergabung disebuah insiden baru membuat karakter dari Persona 3 dan 4 dipertemukan kembali dalam situasi yang berbeda.

Game ini memiliki banyak peningkatan dari game sebelumnya yang membuat petualangan dan sistem pertarungan lebih seru. Tentu saja hiburan interaksi antar karakter juga dibuat lebih menarik sebagai fanservice. Jangan lupakan juga Female Protagonist dari game Persona 3 Portable juga hadir di game ini.

4. Persona 3 FES

Dan tentu saja game ini yang menjadi awal kesuksesan seri Persona, yaitu Persona 3 FES akan masuk dalam daftar game Persona terbaik. Dengan peningkatan fitur gameplay dan penambahan cerita epilogue baru, game ini sangat populer dikalangan pecinta game JRPG.

Menceritakan sebuah fenomena misteri bernama Dark Hour dimana dunia akan memasuki jam yang dipenuhi makhluk bernama Shadow dan manusia yang ada hanya bisa diam di dalam sebuah peti. Protagonist merupakan seseorang yang memiliki kemampuan khusus dan dapat memanggil kekutaan Persona dengan alat bernama Evoker diminta untuk hidup di sebuah Dorm khusus dan akan bersekolah di tempat barunya.

Persona 3 FES memiliki banyak keunggulan dari game sebelumnya, seperti sistem Bond dan juga battle yang lebih menarik. Tidak lupa juga dengan daftar lagu OST yang keren dan juga asyik didengar. Namun, satu hal yang tidak saya suka pada game ini adalah AI karakter party yang bisa membuat kalian kesal.

3. Persona 3 Portable

Game terbaik Persona selanjutnya adalah Persona 3 Portable, lebih tepatnya pada rute Female Protagonist. Meskipun memiliki alur cerita dan ending yang masih sama, game ini memberikan nuansa baru dalam petualangan game Persona 3 dari sudut pandang Protagonist cewek.

Bisa dikatakan rute Female Protagonist menjadi poin utama game ini dibuat. Meskipun begitu, rute Male Protagonist tetap dipertahankan di game ini dengan beberapa perubahan. Interaksi para karakter tim S.E.E.S terhadap Female Protagonist terasa lebih dekat dibandingkan Male Protagonist yang terkesan memiliki sifat emo awal tahun 2000-an.

Dari segi gameplay, game ini mengalami peningkatan dari versi original maupun FES. AI karakter yang lebih baik dan bahkan bisa kalian kendalikan sendiri. Persona 3 Portable menjadi penyempurnaan dari seri Persona 3 dengan berbagai peningkatan penting meskipun eksplorasi tiap kota menjadi terbatas mengingat game ini rilis untuk platform PSP.

2. Persona 5 Royal

Kemudian ada game Persona yang menjadi anak emas baru Atlus, yaitu Persona 5 Royal. Sama halnya dengan Persona 3 Portable, game ini mengalami banyak peningkatan, penambahan karakter dan juga cerita yang lebih sempurna dari versi originalnya.

Game mengambil setting cerita dimana terdapat sebuah fenomena dimana hasrat seseorang mempengaruhi sebuah dunia lain bernama Metaverse yang bahkan juga akan berpengaruh pada orang tersebut. Kebanyakan dari mereka adalah orang dewasa yang memiliki hasrat dan kerakusan yang mereka inginkan.

Protagonist dan teman-teman timnya bernama The Phantom Thieves menjadi sekelompok yang berusaha menghentikan hasrat berbahaya tersebut dengan mencurinya dan menghentikan sifat buruk target mereka. Selain itu mereka juga akan mencari tahu penyebab darimana asal usul kekuatan tersebut sehingga mengancam keselamatan banyak orang di Tokyo.

Salah satu keunikan yang ada pada game ini adalah UI yang keren dan juga stylish. Setiap transisi, mulai dair battle, menu game bahkan sampai item shop dibuat sangat menarik sehingga Player tidak merasa jenuh melihatnya. Selain itu sistem battle pada game ini mengalami peningkatan dari game sebelumnya serta menghadirkan fitur interogasi pada monster untuk mendapatkan kekuatan mereka, seperti yang ada di game klasiknya Persona 1 dan 2.

1. Persona 4 Golden

Game Persona terbaik adalah Persona 4 Golden. Kalian pasti setuju bahwa game ini menjadi game Persona terbaik, bukan? Persona 4 Golden merupakan versi peningkatan dari game Persona 4 dengan banyak penambahan, mulai dari cerita, kekuatan Persona dan masih banyak lagi. Bahkan konklusi keseharian Investigation Team menjelang hari akhir lebih baik dari versi originalnya.

Tidak sampai disitu saja, game ini hadir dengan cerita yang paling relateable mengenai hubungan pertemanan dan keluarga. Menurut saya pribadi, Persona 4 maupun Persona 4 Golden adalah yang game terbaik diserinya. Meskipun fitur gameplay maupun temanya yang tidak sekeren Persona 5, namun game ini akan selalu menjadi pujaan hati para penggemar JRPG dan bahkan masih menjadi anak emas oleh Atlus.

Itulah informasi mengenai game Persona terbaik yang harus kalian coba. Kira-kira kalian tertarik untuk mencoba salah satu game Persona di atas atau semuanya? Atau mungkin kalian yang sedang cari Voucher Game favorit untuk membeli berbagai macam item yang diinginkan?

Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Persona atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author